KKN UTA’45 bersama Warga Kirasari.

(Bogor, 03 Agustus 2018) Mahasiswa KKN Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta (UTA’45 Jakarta) telah melaksanakan program kesehatan berikutnya yaitu Penyuluhan Tanaman Obat Keluarga pada hari Jumat, 03 Agustus 2018 di RW 06 Desa Kiarasari, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor.

Tanaman obat keluarga atau biasanya disingkat dengan TOGA merupakan tanaman tradisional rumahan yang ditanam di lingkungan rumah yang bermanfaat sebagai pengobatan. Pada dasarnya di lingkungan Desa Kiarasari sudah banyak menanam tanaman obat, tetapi warga desa sendiri masih belum mengetahui manfaat dan bagaimana cara penggunaan dari tanaman obat itu sendiri.

Mahasiswa UTA’45 Jakarta yang tengah menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kiarasari berusaha memberikan informasi kepada warga setempat mengenai manfaat dan cara penggunaan tanaman obat yang ada di lingkungan Desa Kiarasari. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan mengumpulkan beberapa tanaman obat yang ada di sekitar lingkungan warga Desa Kiarasari dan memberikan buku yang disertai keterangan gambar, nama latin, nama daerah, manfaat dan cara penggunaan pada tanaman tersebut.

Program Penyuluhan Tanaman Obat Keluarga dengan penanggung jawab Fitria dan Ulia yang bertujuan memberikan informasi mengenai manfaat dan bagaimana cara penggunaan tanaman obat tersebut. Program ini dilakukan di dua tempat, yang pertama di Majelis Taklim dengan memberikan informasi mengenai tanaman obat dan yang kedua di salah satu rumah warga yaitu Ibu Een untuk penempatan tanaman obat yang sudah kami kumpulkan dari lingkungan warga desa.
“Saya berterimakasih kepada para Mahasiswa UTA’45 yang sudah memberikan informasi yang disertai dengan buku yang berisi tanaman obat keluarga kepada para warga Desa Kiarasari”, Ujar Ketua Majelis Ta’lim, Ibu Iroh.

Kuliah Kerja Nyata 2018 Kelompok 5 di Desa Kiarasari dibimbing oleh Bapak Rio Johan Putra, SE., SH., M.Si., Ak., CA selaku dosen Program Studi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Fakultas Ekonomi. KKN berlangsung mulai pada tanggal 25 Juli hingga 30 Agustus 2018.