Proses pembangunan yang dirancang berdasarkan pada kebutuhan nyata (Basic Need), memberikan ruang yang seluas-luasnya kepada segenap elemen masyarakat untuk terlibat secara langsung dari mulai proses perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Hal ini ditegaskan oleh Nurodin, SH yang akrab di sapa Jaro Peloy (JP) selaku Kepala Desa Kiarasari dalam musyawarah warga ditiap tiap lingkungan dusun. Kegiatan ini dilakukan selama satu pekan secara maraton pada minggu ke ke dua Nopember 2017.

Keluaran yang diharapkan dari kegiatan ini antara lain  pertama adanya kritik saran dan masukan untuk perbaikan tata layanan pemerintah Desa Kiarasari, kedua  melakukan evaluasi atas pelaksanaan pembangunan ditahun 2017 dan ketiga menetapkan usulan prioritas dari berbagai elemen warga seperti perempuan, tokoh adat, tokoh agama dan pemuda. Setelah kegiatan ditingkat dusun akan dilakukan rapat koordinasi antar lembaga. Diharapkan   peran masing-masing lembaga dapat  optimal sesuai dengan TUPOKSI masing-masing. Hingga tulisan ini didibuat kegiatan masih berjalan dan menyisakan satu lingkungan Rukun Warga.

Dari penggalian gagasan yang dilakukan beberapa isu besar yang menjadi prioritas adalah Bidang Pembangunan infrastruktur, pengembangan ekonomi, kesehatan, pendidikan dan olahraga serta seni budaya. kegiatan ini dilakukan oleh Tim evaluasi yang didalamnya terdiri dari unsur  Pemerintah desa, BPD, LPM dan Perwakilan Masyarakat.