(Bogor, 08 Agustus 2018) Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta (UTA’45 Jakarta) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat (ABDIMAS) bekerja sama dengan Tim KKN kelompok 5 UTA’45 Jakarta. Pada 08 Agustus 2018 lalu, Program Studi Ilmu Komunikasi beserta Tim KKN kelompok 5 UTA’45 Jakarta menemui masyarakat di Balai Desa Kiarasari, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor.

Dewi Maria Herawati, M.Ikom :Narasumber pelatihan jurnalistik tingkat dasar

Dalam kegiatan ABDIMAS bertema “Penyuluhan dan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJ-TD)”, dosen dan mahasiswa dari Kampus Merah Putih berbagi paham jurnalistik. Kegiatan dihadiri sekitar 35 orang pemuda dari berbagai RW di Desa Kiarasari yang berusia muda.

Kepala Desa Kiarasari, Nurodin S.H mengemukakan pentingnya pengetahuan tentang dunia jurnalistik. Hal itu semakin penting di tengah maraknya penggunaan media sosial.
“Pelatihan jurnalistik tersebut sangat diperlukan, khususnya bagi para pemuda di Desa Kiarasari untuk memberikan pengetahuan mengenai tata cara menulis yang sesuai dengan kaidah jurnalistik. Ataupun dalam menyebarkan suatu tulisan dan informasi di media sosial tentang keunikan Desa Kiarasari,” kata Nurodin, S.H (kades kiarasari)

Narasumber dalam Penyuluhan dan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJ-TD), Dewi Maria Herawati, M.Ikom, berharap kegiatan pelatihan jurnalistik ini terus berlanjut secara rutin setiap minggunya.
“Mudah-mudahan pelatihan Jurnalistik ini terus berlanjut, tidak hanya sekarang tetapi dibuat secara rutin. Jadi, dibuat semacam pembinaan bagi para pemuda dibantu oleh mahasiswa komunikasi yang sedang melangsungkan KKN di Kiarasari,” kata Dewi.


Desa Kiarasari merupakan desa wisata yang memiliki beragam kesenian dan jarang dimiliki oleh desa lain. Serta Desa ini tepilih menjadi desa peduli lingkungan yang masuk dalam kategori Kampung Ramah Lingkungan tingkat Kabupaten Bogor.