Kemerdekaan adalah hak segala bangsa, kemerdekaan adalah anugerah dari Allah SWT. 1945-2017,  72 tahun sudah bangsa ini merdeka. Tugas hari ini adalah mengisi kemerdekaan untuk menuju bangsa yang bermartabat, bangsa yang mengharagai jasa para pahlawan dan pendiri bangsa.  Sebagai wujud syukur kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72 Pemerintah Desa Kiarasari bersama segenap elemen masyarakat melakukan berbagai macam kegiatan. Rangkaian kegiatan HUT RI ke 72 Desa Kiarasari adalah malam tasyakuran yang digelar secara serentak di seluruh  masjid di Kiarasari, pawai obor, pelantikan Pasukan pengibar bendera, lomba tumpeng, tabligh akbar dan lomba gotongan hasil kreasi warga Kiarasari serta hasil bumi. Dibidang pariwisata digelar lomba foto untuk promosi Desa Wisata.

Kegiatan  HUT RI pun digelar disetiap RW yang ada di Desa Kiarasari berbagai macam aneka lomba disajikan dengan penuh kegembiran. Mulai permainan tradisional, olahraga, pentas musik hingga teatrikal. salah satu Kampung yang menggelar kreasi anak muda adalah Kampung Cirewed. Kampung paling timur di Kiarasari ini menggelar pentas musik Band, sedangkan Kampung Pasirpari  RW 04 menggelar teatrikal tentang perjuangan merebut kemerdekaan.

Kepala Desa Kiarasari mengatakan bahwa kado terindah di HUT RI Ke 72 ini  bagi warga  Kiarasari mendapatkan berbagai penghargaan diantaranya  Kiarasari di nobatkan seagai Juara 1 Lomba Wanalestari tingkat propinsi Jawa Barat untuk kategori Desa Peduli Hutan. Juara II lomba desa administratif  Tingkat Kabupaten Bogor serta penghaegaan sebagi Desa Lunas PBB 2016-2017.  Kepala Desa Kiarasari menyampaikan bahwa capaian ini adalah hasil kerja keras semua pihak serta dukungan masyarakat yang luar biasa.  Kades berharap dimasa mendatang Kiarsari harus lebuh baik lagi. Kades berharap bahwa penghargaan ini adalah alat untuk terus bersama-sama bergandengan tangan meningkatkan capaian yang leih baik.  Kades percaya bahwa dengan semangat dan kerjasama semua pihak kaiarasari dapat menjadi leih baik.

Sedangkan Ketua Karang Taruna Kiarasari Herman ST mengapresiasi  semangat warga terutama kalangan generasi muda. Herman yang akrab di panggil Ebhot peringatan HUT RI ke 72 ini cukup memberikan gambaran bahwa pemuda memiliki kreatifitas yang cukup bagus. Para pemuda yang penting diarahkan serta diberikan ruang untuk maju. Senada dengan Kades Kiarasari Jaro Peloy (JP) beliau yakin Kiarasari MANISS dapat diwujudkan dengan kerjasama.