(Bogor, 31 Juli 2018) Mahasiswa KKN Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta (UTA’45 Jakarta) telah melaksanakan salah satu program kesehatan yaitu PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) pada hari Selasa, 31 Juli 2018 di RW 06 Desa Kiarasari, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor.

Penyuluhan pola hidup sehat dan bersih KKN UTA’45

Segmentasi dari program PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) yaitu siswa/i PAUD dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Huda Kampung Gunung Leutik, Desa Kiarasari, Kecamatan Sukajaya. Program ini dibuat setelah survei tim KKN menemukan minimnya kesadaran siswa/i dalam menjaga kesehatan tangan dan gigi serta kurangnya pengetahuan mengenai tata cara mencuci tangan dan sikat gigi yang baik dan benar. Tidak sedikit siswa/i yang belum menyadari efek buruk dari kurangnya menjaga kesehatan sejak dini. Tujuannya adalah menyadarkan anak usia dini untuk menjaga kesehatan tangan dan mulut dimulai sedini mungkin.

Program PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) ini sudah disetujui oleh Pak Adi selaku Penanggung Jawab MI Nurul Huda. PHBS dilakukan di MI Nurul Huda dan Majelis Taklim di waktu yang bersamaan dengan target yang berbeda.
“Program PHBS ini sangat membantu untuk meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan tangan dan mulut yang dimulai sejak dini. Terutama bagi siswa/i yang berada di Kampung Gunung Leutik ini”, kata Adi.

Ridwan jainal (30) selaku pendamping desa mengatakan bahwa, sangat mendukung dan bersyukur dengan adanya program ini. menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat memang harus dilakukan sejak dini, agar terbiasa, disiplin, dan bersih, disamping itu tentu banyak manfaat yang dapat dirasakan.

Kuliah Kerja Nyata 2018 Kelompok 5 di Desa Kiarasari dibimbing oleh Bapak Rio Johan Putra, SE., SH., M.Si., Ak., CA selaku dosen Program Studi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Fakultas Ekonomi. KKN berlangsung mulai pada tanggal 25 Juli hingga 30 Agustus 2018.