“Padi” banyak dijumpai di desa kiarasari. Bahkan jika kita berjalan-jalan disepanjang kampung desa kiarasari, disana kita akan banyak disuguhkan dengan area persawahan karena memang sebagian besar penduduk desa kiarasari adalah petani dan mayoritas diantaranya masih memilih tanaman padi untuk menjadi tanaman komoditas utama di desa wisata kiarasari.

Uniknya, para petani menanam padi untuk berbagai varietas, salah satu diantaranya adalah padi hitam yang terdapat di kampung Cibuluh desa wisata kiarasari hal ini selain menjadi produk unggulan desa wisata, padi hitam mampu mendorong peningkatan ekonomi bagi masyarakat dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Disamping itu ada pula diantara wisatawan yang sengaja datang ke desa wisata kiarasari untuk bermalam di homestay hanya ingin mempelajari serta mengetahui cara penanamannya.

Padi, sejauh mata memandang akan terlihat di desa wisata kiarasari, karena masyarakat telah menyadari jika ketahanan pangan dapat menjadi barometer kesejahteraan serta mampu meningkatkan perekonomian masyarakat desa.