Sebuah terobosan menarik dari Kang Boy sapaan akrab dari Ketua RW 04 Kampung Pasir Pari  Maman Saparudin yaitu upaya meningkatkan pengetahuan masyarakat melalui budaya membaca.  Kang Boy mengakui bahwa ide ini muncul dari  diskusi dengan beberapa pengurus pemuda. Para pemuda yang memiliki kepeduian untuk ikut terlibat dalam mendorong kondisi lingkungan yang lebih baik. Dari diskusi itu muncul gagasan untuk membuat Taman Bacaan bagi masyarakat umum. Target TBM ini mulai dari anak anak, orang dewasa, laki-laki dan  perempuan. Dengan segala keterbatasan yang ada pembangunan Saung TBM ini secara swadaya dengan bahan seadanya.

Maman pun menjelaskan manfaat saung ini tidak hanya jadi taman baca tapi sebagai media sharing antar warga untuk memberikan masukan serta saran untuk kemajuan lingkungan. Hal ini diamini oleh salah satu Ketua RT dilingkungan Pasirpari  yaitu Kang Oyang, Oyang mengatakan ” Sambil kami dan Ketua RW siapkan sarana dan prasarana termasuk sumbangan buku-buku saung ini dimanfaatkan untuk diskusi persiapan HUT RI ke 72 dan kegiatan-kegiatan lain yang bersifat positif.

Ditempat terpisah Kepala Desa Kiarasari  Nurodin alias Jaro Peloy (JP) mengapresiasi terobosan yang dilakukan oleh warga pasir pari yang di pimpin langsung oleh Ketua RW.  JP mengatakan ” Kami pemerintah desa mengucapkan terima kasih atas gagasan yang cukup inovatif,  Pemerintah desa pun mendukung penuh gagasan ini. Kades mengharapkan kampung-kampung lain terinsiprasi untuk mengembangkan kreatifitas berlomba-lomba demi untuk kemajuan.  salut atas inisiatif warga Pasirpari. Semoga Kiarasari MANISS dapat terwujud

Gerakan pemuda RW 04 Pasir pari

Para Pemuda bersatu gotong royong membangun saung baca